Selasa, 02 Desember 2008

Kehamilan & Aerobik Air

Aerobik Air Mengurangi Nyeri Pada Persalinan
Ibu Hamil yang Melakukan Aerobik Air Lebih Jarang Meminta Anti Nyeri Selama Persalinan
By Caroline Wilbert
WebMD Health News
Translated by Husnul Mubarak,S.Ked

Nov. 20, 2008 -- Para calon ibu, saatnya untuk membeli baju renang!!!

Penelitian terbaru melaporkan bahwa wanita yang melakukan olahraga aerobik air selama kehamilan kemungkinan meminimalkan penggunaan obat anti nyeri pada saat persalinan. Penelitian ini diadakan oleh peneliti dari Universitas Campinas di Brazil dan dipublikasikan di Reproductive Health, melibatkan 71 ibu hamil. 34 wanita mengambil kelas aerobik tiga kali seminggu selama kehamilan, sementara kelompok kontrol yang terdiri dari 37 wanita tidak melakukannya.

Kelompok yang melakukan aerobik air, secara signifikan, kurang membutuhkan anti nyeri pada saat persalinan. 27 % dari kelompok yang melakukan aerobik meminta anti nyeri dibandingkan 65% pada kelompok kontrol.

Tidak terdapat perbedaan bermakna pada durasi persalinan atau tipe persalinan antara kedua kelompok. Evaluasi perinatal dengan mengukur berat lahir dan umur persalinan serupa antara kedua kelompok, begitupula skor Apgar, yang digunakan untuk mengevaluasi keadaan fisik dari neonatus segera setelah kelahiran.

Semua subjek penelitian melakukan pemeriksaan fitness pada beberapa interval selama kehamilan. Aerobik air tidak memiliki efek negatif pada kesehatan kardiovaskuler dari wanita yang mengikutinya.

"Kami telah memperlihatkan bahwa latihan rutin aeorbik air selama kehamilan tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin," kata peneliti, Rosa Pereira pada pers."Bahkan, berkurangnya permintaan anti nyeri menunjukkan bahwa aerobik air dapat memperbaiki keadaan fisik-psikologis dari ibu hamil."

Jurnal Asli dapat diperoleh dari http://www.reproductive-health-journal.com/

Tidak ada komentar: